Kamis, 10 Januari 2013

Merakit bukan berarti Membuat



Sering kali diartikan bahwa merakit adalah sama dengan membuat, namun definisi tersebut adalah salah besar. Karena merakit adalah sebuah kegiatan bahan mesin jadi yang dirakit kembali sebagai bahan praktek percobaan untuk Siswa Jurusan permesinan khususnya, sedangkan membuat adalah proses bahan mentah atau belum jadi yang menjali beberapa tahapan hingga menjadi bentuk atau mesin mobil yang diinginkan bahkan untuk ukuran Smk tidak mungkin bisa membuat mesin mobil tersebut karena listrik yang dibutuhkan tidak sedikit bahkan melewati daya listrik milik PLN sekalipun, itulah perbedaan antara merakit dengan membuat jelas sangat berbeda.

Perakitan adalah sebuah proses pemabrikan di mana bagian-bagian (biasanya yang memiliki suku cadang) suatu produk dirakit dan digabungkan satu persatu dengan urutan tertentu hingga menjadi produk akhir. Proses ini menghasilkan tingkat produksi yang lebih cepat daripada metode biasa, di mana untuk membuat satu produk jadi, seluruh bagian produk tersebut dirakit oleh satu orang ahli, seperti halnya Mesin Mobil Esemka yang sedang buming diperbincangkan didalam dunia otomotif hingga dalam lingkupan Smk, khususnya Smk yang memilik Jurusan yang terkait dengan permesinan mobil tersebut.
Tapi sayangnya, mobil-mobil karya anak bangsa ini tidak mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Mereka bahkan tidak dapat tempat atau stand khusus dalam ajang pameran otomotif terbesar di tanah air, IIMS (Indonesia Internasional Motor Show).Pemerintah terlihat lebih memberikan porsi yang lebih besar kepada produsen-produsen luar negeri, seperti Jepang, Korsel, dan China.
Seperti halnya Smk Insan Teknologi yang mencoba merakit Mesin Mobil Esemka, mesin (Engine Stand Esemka 1,5 i) adalah sebuah bahan praktek yang menunjang program keahlian Mekanik Otomotif / permesinan di sekolah tersebut. Mesin perakitan yang berujuk kepada Smk Negeri 4 Rorotan Jakarta Timur, merupakan tantangan tersendiri untuk sekolah tersebut agar lebih kreatif serta unggul dalam bidang permesinan. []MZ_matasiswa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar