Kamis, 17 Januari 2013

Kegigihan dan Keuletan Arif




Arif, atau yang lebih akrab disapa Arif , adalah mahasiswa STAI PTDII Jakarta. Selain sebagai mahasiswa, pria kelahiran 7 Oktober 1989 ini juga adalah seorang usahawan warung snack serta beragam pulsa elektrik maupun Voucer. Sebelum memulai usaha , Arif memulai keterlibatannya dalam dunia wirausaha dengan usaha “Marketing Produk Panasonic.” Arif mengungkapkan usaha Marketing Produk Panasonic laris manis di pasaran. Kesempatan tersebut ia gunakan untuk menambah kemampuanya untuk menjadi seorang Leadership yang tangguh, mulai dari penyampaian, meyakinkan, kesabaran, dan keuletan. Meski banyak kendala yang dihadapi dalam menjalankan usaha, Arif mengaku tetap semangat dalam menjalankan usaha tersebut.
Semangat pantang menyerah itulah yang kemudian memungkinkan usaha Arif meningkat omsetnya dari bulan ke bulan.



Namun sangat disayangkan usaha Arif yang mulai mendapat hambatan. Persaingan yang sengit serta mencari pegawai untuk menjalankan usaha warung pulsa tersebut sempat terhenti, sehingga banyak banyak pengeluaran dibandingka pemasukan seperti adanya tagihan listrik dll. “Usaha tersebut akhirnya terhenti karena susahnya mencari pegawai yang pas dan tepat, tetapi saya tetap semangat dan optimis,” demikian dikatakan Arif. Ia pun tetap melanjutkan usaha usaha yang lain, tetapi dengan tidak adanya usaha tersebut omset Arif sedikit menurun dan hampir membuatnya mengalami kerugian. usaha warung pulsa Arip pun terhenti, meskipun usaha tersebut statusnya menjadi usaha perumahan karena Arif meneruskan usaha warungnya terletak dirumahnya sendiri.
Pengalaman Arif dengan usaha warung pulsa tersebut tidak menyurutkan semangat berwirausaha Arif, tetapi justru semakin menempanya. Maka tiga bulan kemudian Arif mulai focus untuk mengembangkan usaha marketingnya. Usaha tersebut Arip beri nama “ Marketing Produk Panasonic.” Usaha yang berdiri pada Oktober 2011 yang lalu, seperti dikatakan Arif, dapat terwujud atas bantuan seorang Rekan kerja dan keterlibatannorangtua untuk mendoakan anaknya tentunya. “Awalnya usaha ini hanya satu produk, melihat prospek usaha ini bagus, kami memperbanyak produk. Alhamdulillah produk yang telah yang telah diusungkan sekarang mencapai delapan produk dengan jumlah produk lebih kurang 10 Unit,” demikian dijelaskan Arif. Selama tujuh bulan menjalankan usaha, Arif dan rekan-rekan menemui beberapa kendala seperti adanya persaingan produk yang ingin dijual dan pemasokan barang yang sedikit terlambat. Namun kendala-kendala tersebut dapat diatasi dengan strategi marketing yang mamtap untuk mengendalikan serangan hambatan tersebut. Sementara untuk persaingan produk dikendalikan dengan menambah daya kreatifitas merketing.

Arif kemudian menceritakan bahwa produk – produknya dalam satu jenis yang siap ambil sempat mengalami kendala. Tetapi hal tersebut tersebut tidak menjatuhkan mentalnya. Arif justru menjadikan musibah tersebut sebagai penambah semangat dalam meningkatkan usaha marketingnya. Untuk mencegah ketidakyakinan terhadap konsumen agar tidak terjadi lagi, Arif dan rekan-rekan memagari strategi marketingnya dan meningkatkan penjagaan produk yang ingin dijual.

Tidak berhenti di situ, kreatifitas Arif sebagai usahawan ditunjukkan dengan persiapan membuat usaha baru di samping rumahnya. Hal ini dengan mempertimbangkan lokasi yang sangat strategis dekat pemukiman penduduk dan memiliki udara sejuk serta pemandangan alam yang asri walaupun jalan yang dituju berliku serta terjang . Arif merencanakan usaha tersebut akan sudah siap ketika lapak berlangsung. Ke depannya, lokasi tersebut akan Arif dan rekan-rekan jadikan sebagai tempat perumahan bisnis yang di beri nama “Arif Pulsa”.[]MZ_matasiswa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar