Senin, 07 Januari 2013

Sun Outage


 Tidak berfungsinya sinyal televisi, televisi satelit dan perangkat komunikasi berbasis satelit seperti pada telekomunikasi bank mengganggu kenyamanan pelayanan publik, kamis(20/09). Akibatnya pemirsa dirumah tidak bisa menonton siaran tv satelit. Selain itu, para nasabah bank juga tidak bisa melakukan transaksi via atm.

Menurut salah satu satpam BCA Cimanggis, DK bahwa gangguan sun outage hanya berlangsung beberapa menit saja. Oleh karena itu, untuk sementara layanan pelanggan terganggu.

Sementara menurut anto, salah satu nasabah bank BCA tersebut, adanya Sun Outage cukup mengganggu jam kesibukkannya karena tidak bisa melakukan transaksi cepat akibat tidak berfungsinya sinyal.

Sun Outage adalah suatu kondisi yang terjadi pada saat bumi-satelit-matahari berada dalam satu garis lurus. Satelit yang mengorbit bumi secara geostasioner pada garis orbit geosynchronous berada di garis equator atau khatulistiwa (di ketinggian 36.000 Km) secara tetap dan mengalami dua kali Sun Outage setiap tahunnya. Energi thermal yang dipancarkan matahari pada saat Sun Outage mengakibatkan interferensi sesaat pada semua sinyal satelit, sehingga satelit mengalami kehilangan komunikasi dengan stasiun bumi, baik head-end/teleport maupun ground-segment biasa.

Sun Outage menyapu sinyal dari belahan bumi bagian utara ke selatan dari sekitar 20 Februari – 20 April, dan dari belahan bumi bagian selatan ke belahan bumi bagian utara dari sekitar 20 Agustus – 20 Oktober, mempengaruhi lokasi tertentu pada jam yg sama selama lebih kurang 10 sampai 15 hari.

Berikut nama-nama satelit yang terkena dampak Sun Outage:

Satelit Palapa D biasanya mulai terjadi pada jam 11.05 WIB sampai jam 11.20 WIB
Satelit Telkom 20 sekitar 11.40 WIB berakhir pada jam 11.55 WIB
Satelit Telkom-2
Palapa C-2

[]Jn, dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar