Rabu, 20 Agustus 2014

Makanan dan Minuman Suguhan Untuk Tamu yang Mudah, Cepat dan Murah



Kehidupan manusia yang saling bersosialisasi satu sama lain membuat kegiatan orang yang satu bertamu atau bertandang ke rumah orang yang lainnya menjadi sesuatu hal yang lumrah. Bahkan dalam ajaran Agama Islam pun kegiatan saling kunjung-mengunjungi satu sama lain adalah sesuatu yang penting untuk mempererat tali silaturahmi sesama manusia. Tidak hanya mengunjungi sanak falimi saja, namun juga orang lain yang tidak hubungan keluarga sama sekali seperti teman, tetangga, sesepuh lingkungan, guru, dan lain sebagainya.

Seseorang bisa memiliki perannya masing-masing dalam dunia tamu-menamu. Ada pihak yang bertindak sebagai tuan rumah yang menerima tamu, dan juga ada pihak yang bertindak sebagai tamu yang bertamu ke rumah orang yang menerima tamu. Dalam menerima tamu, seseorang sebaiknya memberikan suguhan, baik berupa makanan maupun minuman kepada tamu yang datang. Apabila tamu yang datang bertamu dalam jangka waktu yang agak lama alangkah baiknya agar tidak hanya disuguhi makanan dan minuman ringan saja, namun juga makanan dan minuman berat.

Jika yang menerima tamu tidak ingin repot maka ketika tamu datang maka penerima tamu langsung mengeluarkan berbagai makanan dan minuman siap saji yang telah disediakan sebelumnya khusus untuk para tamu yang datang. Yang pasti air minum dalam kemasan siap minum adalah sesuatu yang harus ada jika penerima tamu tidak ingin direpotkan dengan menyiapkan makanan dan minuman untuk tamunya. Untuk makanan ringan penerima tamu bisa mengeluarkan beberapa jenis makanan ringan dalam toples yang berisi makanan cemilan yang dapat di beli di toko-toko di dekat rumah.

Jika ingin sedikit repot maka penerima tamu dapat menawarkan minuman apa yang ingin diminum oleh tamu. Yang pasti penerima tamu harus menyiapkan berbagai jenis minuman siap saji dalam sachet seperti kopi, teh, minuman rasa buah, susu, jahe, bajigur, dan lain sebagainya. Apabila tamu ingin minuman dingin, maka tinggal menambahkan batu es ke dalam minuman. Sedangkan apabila ingin minuman panas atau hangat, maka bisa tinggal dituang air panas dari dispenser atau pun termos air panas.

Akan jauh lebih menguntungkan jika memiliki rumah yang letaknya dekat dengan warung karena penerima tamu bisa tinggal memesan makanan maupun minuman dari warung melalui telepon atau sms. Tamu pun bisa diajak makan bersama di rumah makan atau warung makan di dekat rumah jika waktu makan telah tiba dan sang tamu pun masih hendak bertamu lebih lama. Namun yang paling tepat adalah membeli makanan yang enak-enak dari luar dan disajikan kepada para tamu di rumah penerima tamu. Dengan demikian penerima tamu pun tidak harus repot-repot membuat dan menyiapkan suguhan untuk tamu yang dapat merepotkan diri sendiri maupun anggota keluarga lainnya.[]mss

Tidak ada komentar:

Posting Komentar