Selasa, 08 Januari 2013

Smkn 57 Jakarta Selatan

Smkn 57 Jakarta Selatan

Meski terik menyengat, wartawan matasiswa.com tetap saja berjalan menuju SMKN 57 JAKARTA, jalan Taman Margasatwa No. 38B Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Smbil sesekali berlari kecil untuk mencari naungan. Namun perjalanan jauh nan melelahkan itu, sirna bagai panas setahun diguyur hujan sehari. Jalanan nan rindang dan tata letak sekolah yang rapi, indah nan mempesona membuat hati ini riang dan terobati.


Terlihat pula, jajaran tempat parkir yang ramai namun rapi. Penunjuk jalan yang jelas dan taman yang begitu menawan. Sesampainya di lokasi, wartawan matasiswa.com pun langsung disambut hangat oleh Sugiarto(toto), S.Par selaku wakasek kesiswaan, rabu(26/10).

Menurutnya, semua program yang ada merupakan program unggulan. Maklum, sekolah seluas 4,1 ha ini merupakan sekolah rintisan berstandar Internasional. Pada 24 Nopember 2004, sekolah ini mendapatkan sertifikat ISO 9001:2000 tentang pelaksanaan Manajemen Mutu sekolah yang dikeluarkan oleh badan sertifikasi RW TUV Indonesia perwakilan Jerman.

Sekilas SMKN 57 JAKARTA

Sebagaimana dilansir oleh situs sekolah tersebut, awalnya adalah Sekolah Menengah Industri Pariwisata (SMIP) Negeri Jakarta yang didirikan pada tanggal 4 Februari 1991, berdasarkan Surat Keputusan No. 067/C/KP/1/1991. SMIP Negeri Jakarta semula adalah salah satu dari Sekolah Menengah Kesejahteraan Keluarga (SMKK) Negeri di Jakarta.

Pada awal berdirinya SMIP Negeri Jakarta mempunyai dua jurusan yaitu Pariwisata dan Tata Boga dengan jumlah siswa yang diterima tidak lebih dari 100 orang. Dan pada tahun 1993 Pemerintah memberikan sarana dan prasarana pendidikan yang cukup memadai sebagai sekolah pariwisata, yang memungkinkan SMIP Negeri Jakarta dapat mengembangkan dirinya menjadi sekolah sekolah pariwisata berstandar nasional dan internasional, pada tanggal 7 tahun 1997 terbit SK MENDIKBUD RI No. 036/O/1997 yang menyatakan bahwa SMIP Negeri Jakarta menjadi SMKNegeri 57 Jakarta hingga sekarang.

Tiga Program Keahlian siap kerja meliputi; Usaha Perjalanan. program ini menyiapkan peserta didik untuk dapat bekerja sebagai pemandu wisata, ticketing staff, tour planner, pramugari dan staff operational di perusahaan yang bergerak dibidang pariwisata. Akomodasi perhotelan, program ini menyiapkan peserta didik untuk dapat bekerja pada bagian Front Office, House Kepping serta sraff operational diberbagai instalasi/perusahaan yang bergerak dibidang perhotelan. Dan Program Yang Ke 3, Jasa Boga/Restoran, program ini menyiapkan peserta didik untuk dapat bekerja dibidang F&B Produck, Pastry & Bakery diberbagai instalasi /perusahaan yang bergerak dibidang Perhotelan dan Jasa Boga.

Visinya menjadi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pariwisatan Bertaraf Internasional pada tahun 2011. Sedangkan misinya (1) Menghasilkan tamatan yang profesional, berakhlak mulia serta sehat jasmani dan rohani. (2)Mengembangkan pendidikan yang berwawasan kebangsaan dan pelatihan berbasis kompetensi. (3)Meningkatkan penguasaan Bahasa Inggris. (4)Meningkatkan penguasaan Teknologi Informasi. (5)Meningkatkan kerjasama dengan industri pariwisata didalam maupun diluar negeri. (6)Menanamkan nilai-nilai estetika yang berakar budaya bangsa.

Sistem pembelajarannya meliputi; (1)Penyelenggaraan pendidikan mengacu pada kebutuhan industri kepariwisataan berdasarkan standar kompetensi dengan perbandingan teori 40% dan praktik 60%. (2) Materi pembelajaran diberikan berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).(3)Siswa kelas XI dan XII, pembelajaran diberikan di sekolah dan di industri (Prakerin). (4) Job training siswa dilaksanakan di industri baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Kebijakan Mutu Sekolah tersebut yaitu: Selalu meninjau dan memperbaiki sIstem manajemen mutu pada seluruh tingkatan organisasi, Selalu meningkatkan Proses pendidikan dan Pelatihan yang bermutu dan Selalu meningkatkan kepuasan pelanggan

Fasilitas yang tersedia sangat lengkap dan bergaya modern nan megah. Tempat parkir yang luas, lapangan olahraga, gedung ragoon, hostel pradana, masjid besar. Selain itu, tersedianya ruang teori yang di lengkapi dengan lcd proyektor dan multi media, Lab Komputer (Processor Core2duo, Memory 512 mb, Lcd, Monitor), serta dilengkapi dengan LAB – LAB seperti Bahasa, IPA, CRS (Computer Resertation System / ABACUS), fIdelio (Hotel Reservation System). Tak kalah menariknya, sekolah ini menyajikan perpustakaan digital. Serta Banyak lagi yang dimiliki Sekolah tersebut.

Berbagai prestasi yang diraih dibilang sangatlah mengesankan. Seperti; menjuarai program Akomodasi tingkat National, Menjuarai LKS Tingkat nasional pada tahun 2008, 2009 dan 2011, serta menjuarai perlombaan debat Bahasa Inggris tingkat Jakarta, Juara II Guiding Competition NTT Pavilion TMII, Juara I dan III English Debate Competition, Juara I Lomba GPBN Bahasa Jerman, Juara 1 Lomba akustik apresiasi Bahasa Jepang tk. SMK, Juara 1 Lomba nasyid dalam rangka Pekan Muharam 1430H tingkat SMA/SMK, Juara 1 Lomba Olimpiade terjemahan Bahasa Inggris TK. SMK, Juara 1 Lomba khotib festival Al-Quran tk. SMK, dan banyak lagi prestasi – prestasi yang di raihnya.

Dengan demikian, sebagai sekolah menengah kejuruan negeri pertama di Indonesia yang bergerak dibidang pariwisata tentu akan menjadi pioneer/gerbang percontohan bagi sekolah-sekolah yang lain. Baik dari sisi akademik, non akademik maupun pembinaan imtaq dan iptek.[]Abdul Rohman-Suherman-mazid/Joni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar