Senin, 07 Januari 2013

Sekolah Berbasis Lingkungan Hidup



Bekasi,matasiswa.com
Peribahasa mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian daripada iman. Tentu, iman seseorang akan mendorong untuk melakukan kepedulian dan kebersihan terhadap diri maupun lingkungan sekitar. Oleh karena itu, pendidikan lingkungan sangat penting untuk generasi muda saat ini.

Pendidikan lingkungan perlu secara konsisten dilakukan di tingkat-tingkat sekolah. Salah satunya, Sekolah ini terus melakukan penataan lingkungan tanpa henti. Sikap peduli lingkungan terus ditanamkan pada setiap warga sekolah hingga sekarang. Bahkan, mulai diintegrasikan dalam mata pelajaran. Akhirnya, pendidikan lingkungan hidup secara monolitik berdiri sendiri sebagai mata pelajaran muatan lokal yang diberikan untuk kelas X dan XI.

Selain itu, sekolah ini kabarnya juga menerapkan lingkungan hidup; seperti adanya kantin alam dan rumah Anggrek. Tak heran, sekolah ini dijuluki sekolah berbasis lingkungan hidup. Kepedulian akan lingkungan hidup tersebut sangat baik. lingkungan yang baik adalah lingkungan yang sejuk dan nyaman. Namun jika tak peduli akan lingkungan tersebut, maka akan terjadi panas dan gersang. “Rawatlah lingkungan ala mini dengan sebaik – baiknya,” ujar salah satu siswa sekolah tersebut.

Keberhasilan ini, mendapatkan penghargaan Adiwiyata dari Menteri Pendidikan Nasional dan Kementrian Lingkungan Hidup tahun 2009 membawa semua warga sekolah terus menjalankan komitmennya tentang peduli lingkungan. Apalagi sekolah juga sebagai titik pantau penilaian Adipura Kota Bekasi. Program peduli lingkungan bukan hanya untuk dalam lingkungan sekolah, melainkan juga di luar lingkungan sekolah. Salah satu kegiatan nyata yang baru saja dilakukan di awal bulan Februari 2010 ini adalah partisipasi semua warga sekolah (termasuk guru dan TU) untuk mengumpulkan satu oang satu pohon yang nantinya akan di tanam di tempat lain yang masih gersang.

Sekolah tersebut adalah SMA Negeri 7 Kota Bekasi. Sekolah itu terletak di perbatasan antara Ibu Kota Jakarta, Kota Depok dan Kabupaten Bogor. Sekolah itu,sekolah tersebut didirikan 31 Juli 1997. Luas lahan yang dimiliki ± 1 hektoare (satu hektar). Sebagai sekolah yang terletak di penghujung Kota Bekasi yang sekaligus pinggiran Jakarta maka sekolah ini bertekad untuk menjadi sebuah sekolah yang mampu menjadikan generasi muda yang peduli terhadap lingkungan. Program peduli lingkungan mulai dikembangkan sejak tahun 2004. Bentuk kepedulian itu tertanam dalam sebuah misi sekolah, yaitu misi ke empat yang berbunyi “Menumbuhkan semangat kepedulian dalam memlihara lingkungan sekolah”.[]Abdul Mazid,Ma’an, Na’imah/JN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar