Senin, 06 Januari 2014

Buah Jarak Kaya Akan Khasiat




Anda Pernah mendengar pohon Jarak? Jarak tumbuh dihutan liar, sepanjang pantai, tanah kosong atau sebagai komoditi perkebunan. Dapat tumbuh di areal yang kurang subur asalkan pH tanahnya 6-7 dan memiliki drainase air yang baik karena akar jarak tidak tahan terhadap genangan air.

Pohon jarak selalu tumbuh di tepi jalan kampung, pematang sawah, di kebun. Kebanyakan orang tidak memperdulikan tanaman ini. Padahal manfaat daun jarak sangat banyak. 


Selain itu kandungan Biji Jarak dapat dijadikan bahan minyak seperti BBM, dalam jumlah banyak, bukan hanya bijinya yang banyak manfaatnya yakni Daun pohon tersebut juga tak kalah manfaatnya, daun jarak memiliki tuang rangkap dua yang hampir menyerupai lambang Love yang tak sempurna, selain biji dan daun, batang pohonjarak pun tak kalah manfaatnya yakni, untuk mengobati penyakit sariawan pada bibir pecah - pecah atau pipi dalam yang tergigit, namun cara kegunaanya yaitu potes batang jarak tersebut hingga ujung atau dipotes samapai pangkal batang tersebut hingga mengeluarkan air putih atau yang biasa disebut getah batang jarak tersebut.
Caranya untuk menggunakan batang jarak tersebut adalah dengan memasukan batang tersebut yang banyak mengandung getah kedalam bibir atau mulut ang terluka atau sariawan secukupnya, dan getah tersebut jangan sekali kali mengenai gusi pada permukaan gigi , karena dapat menyebabkan kering atau iritasi terhadap gusi yang rentan akan getah tersebut.
Manfaat pohon jarak tersebut juga sangat berpengaruh terhadap sakit sumeng terhadap balita tau batita, yaitu dengan cara daun jarak digarak dengan komposisi api sedang hingga daun agak kering kemudian balur dengan minyak baby setelah itu iris bawang merah secukupnya kemudian baluke permukaan daun tersebut setelah itu tempelkan daun jarak tersebut ke permukaan perut bayi tersebut kemudian ditutup dengan menggunakan baju atau menutupi daun, dengan syarat bayi tersebut dalam keadaan diam tau tak rewel dan untuk mendapatkan obat tradisional tersebut dengan ampuh maka sebisa mungkin balita tersebut dalam keadaan berbaring atau tertidur keudian daun jarak tersebut dilepas setelah 15 menit berlalu. [] MZ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar