Selasa, 02 April 2013

Matasiswa.com : Perpisahan Pelajar Tak Perlu Mahal broo… “Makna Sebuah Kelulusan”






Perpisahan Pelajar Tak Perlu Mahal broo… “Makna Sebuah Kelulusan”


Oleh: Abdul Mazid
Matasiswa.com
Kelulusan adalah momen momen yang selalu dinanti nanti oleh pelajar dari Tk Hingga perkuliahan, hanya saja kegiatan kelulusan berbeda di setiap jenjang Pendidikan. Namun  Proses untuk mendapatkan predikat lulus sekolah sangatlah panjang dan memerlukan pengorbanan, entah itu pengorbanan waktu, tenaga, serta uang yang tidak sedikit.

Inflasi membuat harga-harga menjadi naik, tak terkecuali pembayaran kelulusan, yang juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Mungkin kebanyakan orang saat ini sedang mengeluh akibat tingginya pembayaran kelulusan. Orang-orang yang telah bersusah payah mencapai predikat lulus harus dibebankan biaya kelulusan yang tidak sedikit.
Belum lagi biaya kelulusan untuk dana perpisahan dengan pihak sekolah, guru, teman, adik kelas. Ini adalah sebuah beban berat, sudah harus berpisah dengan orang-orang yang mereka sayangi, harus membayar mahal pula. Sehingga Kelulusan seharusnya disambut dengan hari riang, namun fakta menunjukan bahwa setengah dari pelajar diberbagai instansi pembelajaran tak tertuangkan rasa kegembiraannya, karena teringat mahalnya pendidikan ini.
Hal-hal seperti ini justru akan menambah buruk imej sebuah kelulusan. Inikah makna sebuah kelulusan yang mereka dambakan? Dan Apakah Momen Kelulusan harus berpoya – poya hingga terkesal mahal, terlihatnya.
Mengadakan suatu acara kelulusan seperti selamatan atau acara pisah sambut boleh saja, sebagai ungkapan rasa syukur kita atas kelulusan, namun jangan mematok biaya yang mahal, karena pasti akan membebankan orang-orang yang taraf ekonominya rendah. Dan yang terpenting adalah bagaimana dapat memilih tempat untuk momen yang murah namun dengan suasa indah dan terkesan tentunya, agar teman yang kita sayangi dapat mengikuti perpisahan kelulusan tersebut. Lihat dari sisi perekonomian temen teman dulu ya Broo.
Bukan hanya itu, biaya sana sini yang dikeluarkan sebelum kelulusan itu, tak sedikit. Bahkan banyak yang bingung ketika masalah sudah hampir selesai, namun persiapan atau peralatan untuk membuat tugas akhir tersendat. Sehingga tak terpikirkan untuk likut perpisahan atau tidak, namun itu semua dapat berjalan dengan seiringan waktu ketika pikiran serta beban ujian Akhir Pendidikan terselesaikan dengan baik.  
Kita tahu masyarakat tidak mempunyai tingkat pendapatan yang sama, ada yang tinggi ada pula yang rendah. Kalau memang perihal biaya sudah mentok tak bisa diganggu-gugat mungkin solusi terbaik adalah mewajibkan anak-anak peserta didik untuk menabung di sekolah dari awal agar biaya kelulusan seperti ini tidak menjadi beban lagi bagi mereka. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar