Sabtu, 13 April 2013

Mengantuk? why,,,



Ketika harus masuk kuliah atau kerja jam 7 pagi, sementara malamnya harus begadang untuk mengerjakan laporan atau tugas, apa yang anda rasakan? Capek? Letih? Mungkin sebagian besar akan menjawab ‘ngantuk’. Sebenarnya, apa itu kantuk dan bagaimana cara mengatasinya?


Mengantuk merupakan sinyal alami dari otak untuk mengisyaratkan bahwa tubuh memerlukan istirahat. Ketika sinyal itu kita tanggapi dengan mengistirahatkan tubuh, maka tubuh akan segera segar kembali. Mengantuk juga bisa berarti bahwa tubuh kita kekurangan oksigen dalam tubuh. Hal ini dapat menunjukkan bahwa kita mengalami anemia atau kekurangan darah, karena berkurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuh. Berkurangnya sel darah merah akan menimbulkan berkurangnya pula oksigen yang diberikan ke tubuh maupun jaringan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kita mengantuk.

Saat kita beraktivitas, kita tentu tidak bisa segera mengistirahatkan tubuh ketika mengantuk. Namun ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kantuk yang terkadang mengganggu aktivitas sehari-hari :

Perbanyak makan buah segar saat pagi hari

Glukosa pada buah-buahan mudah dicerna oleh tubuh. Waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna buah umumnya 10 menit danenergi yang dihasilkan dapat segera dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan. Hal ini membuat kita merasa lebih berenergi, fresh dan bersemangat sehingga tidak akan mudah mengantuk.

Cuci muka dengan air dingin

Ketika kita masih duduk di sekolah dasar atau menengah, seringkali guru tersebut menyuruh murid yang terlihat mengantuk untuk mencuci muka terlebih dahulu. Hal ini sangat beralasan karena ketika kita membasuh muka dengan air, wajah akan merasakan sensasi dingin yang merangsang neuron sensorik. Selanjutnya neuron sensorik akan mengirimkan impuls ke neuron motorik kemudian otak akan memerintahkan tubuh kita untuk segar kembali sehingga rasa kantuk akan berkurang.

Makan permen atau cemilan kecil yang tersedia

Saat kita memakan permen atau cemilan ringan dalam keadaan mengantuk, fokus perhatian akan terbagi tidak hanya ke mata namun juga ke mulut. Otot mulut dan kerongkongan juga akan ikut bergerak sehingga kita tidak diam saja. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi kantuk. Namun harus diperhatikan juga agar kita jangan sampai terlalu kenyang karena makan terlalu kenyang juga dapat menyebabkan kantuk.

Lakukan pernafasan perut

Salah satu penyebab mengantuk adalah kurangnya oksigen yang masuk dalam tubuh. Pernapasan perut akan memperbaiki pengiriman oksigen keseluruh organ tubuh dan membantu seluruh perkembangan dari sistem tubuh. Dengan menambah jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh, hali ini akan memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi sehingga akan membantu meningkatkan kinerja tubuh. Kantukpun akan berkurang.

Minum air putih

Mengantuk juga dapat disebabkan karena tubuh mengalami kekurangan cairan (dehidrasi). Jika penyebab kantuk anda karena dehidrasi, minum air merupakan cara yang efekif untuk mengurangi kantuk.

Berolahraga ringan secara teratur

Dari hasil penelitian para ilmuwan di universitas Georgia, olahraga ringan yang dilakukan rutin tiap hari selama tiga puluh menit dapat meningkatkan energi dan melancarkan sirkulasi udara ke dalam tubuh sehingga dapat mengurangi kantuk. Olahraga ringan ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga anda merasa lebih segar dan siap beraktivitas tanpa dihalangi rasa kantuk pada pagi hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar