Senin, 30 Desember 2013

“BUKU ADALAH GUDANG ILMU”




                Hay guys..!!, Buku adalah gudang ilmu, dari dalam buku kita akan menemukan; Inspirasi, motivasi dan berbagai khasanah ilmu pengetahuan. ya.. Jika gudangnya adalah BUKU, maka apa kuncinya..??  Ya.. Kuncinya adalah MEMBACA !!
                Dengan membaca buku berarti kita membuka jendela dunia ilmu, dengan buku kita dapat melihat dan mempelajari sesuatu yang baru atau hal-hal yang berbeda dari apa yang kita pikirkan dan pelajari, dengan membaca sebuah buku, berarti kita sedang membuka cakrawala, saat kita membaca 


buku, kita akn berusaha memahami suatu sudut pandang penulis tersebut, sehingga wawasan kita akan bertambah.
                Ayat yang pertama kali turun dari Allah SWT, kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat jibril adalah perintah untuk membaca, yaitu  :
            (1)… اقْرَأْ
Yang artinya : “Bacalah..!!” {Qs. Al- Alaq : 1}
Kata perintah tersebut mengisyaratkan bahwa misi pertama dan utama Nabi Muhammad  SAW adalah memberantas kebodohan. Perintah ini memberikan motivasi untuk kita agar meningkatkan minat baca kita, manfaat yang besar jika kita membiasakan untuk membaca yaitu; mendapatkan pemahaman, wawasan, dan ilmu pengetahuan.
                Sungguh, amat sangat pentingnya membaca, hingga ini adalah ayat pertama yg Allah turunkan kepada manusia.
                Cukup jelas, bahwa membaca adalah sarana mencapai ilmu, yg mana ilmu adalah salah satu sifat, dari sifat-sifat Kemuliaan Allah SWT Yang Maha Suci. Karena itu keselamatan manusia sangat di tantukan oleh kesucian niat dan perilakunya, bila suci niat dan perilakunya, maka ilmu akan berhasil mencapai tujuan, yaitu mengangkat derajat yang lebih mulia, sebaliknya bila niat dan perilakunya tidak suci, maka ilmu akan membawa kerusakan  bahkan bencana, sebagaimana  yang dilakukan kaum teroris dan para koruptor.
                Lalu apa yg dapat membuat kita mau membaca..?? Ya.. Ada 3 hal, yaitu tekad, niat dan cinta. Takad untuk mengetahui lebih banyak, niat untuk memperbaiki kualitas diri dan cinta kepada ilmu pengetahuan. Tiga hal tersebut yang memaksa kita untuk membaca.
                “Sebaik-baik teman duduk di setip waktu adalah BUKU, dan sebaik-baik buku bacaan adalah Al-Qur’an.”
                Bagaimana tidak..?!, Al Qur’an adalah pedoman hidup, petunjuk bagi manusia yang tidak mau tersesat hidupnya, karna Al-Qur’an adalah sebuah kitab yg mencangkup seluruh aspek kehidupan.


Sungguh merugi, jika kita sebagai umat Islam yg memiliki kitab Al-Qur’an, namun tidak membacanya, mempelajarinya dan bahkan tidak mengkajinya lebih dalam, karna selain bernilai pahala, Al-Qur’an juga memiliki banyak keutamaan-keutamaan saat membacanya.
                Namun apa yg terjadi saat ini, pada masyarakat negri ini..?! Ya.. Hasil survei menyebutkan, pada tahun 2011 UNESCO merilis, minat baca terhadap penduduk di Negara-negara Asean, faktanya sungguh membuat kita miris, minat baca Indonesia PALING RENDAH, dengan nilai 0,001 artinya dari sekitar seribu penduduk Indonesia, hanya 1 yg masih memiliki minat baca tinggi..!! Sungguh mencengangkan bukan..??!!
                Oleh karena itu guys, kita sebagai generasi muda, generasi penerus bangsa, generasi yang Insya Allah akan memimpin dunia, mari kita sama-sama Tingkatkan minat baca kita, karna pemuda hari ini adalah pemimpin hari esok..!! Karna siapa lagi yg akan melanjutkan perjuangan mereka, Para pemimpin dan para pejuang penegak dienullah, Kalau bukan kita para pemuda..??!!
                Lalu dengan apa kita akan memimpin dunia kelak, kalau tidak dengan ilmu..??!! Dengan apa kita mendapatkan ilmu, kalau tidak dengan menuntut ilmu, belajar dan membaca buku?!, karena sangat mustahil kita akan mendapatkan ilmu, jika kita hanya bersantai dan melamun bukan..??!!
                Untuk itu guys, dengan segala kemudahan dan teknologi yang ada di tangan kita, gedgeat-gedgeat yg hampir semua orang memilikinya, yg memudahkan kita untuk membaca, mencari ilmu dan mencari wawasan. Yg dapat kita lakukan kapanpun dan dimanapun kita berada.
                Mari kita bangkit dan menciptakan budaya membaca di negeri ini..!! Sehingga akan menciptakan generasi yang berintelektual, berwawasan tinggi serta berintelegensi tinggi, sehingga mampu bersaing dan menjadi pemenang dalam kompetisi  dunia.[] Marya. MSS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar