Rabu, 18 Desember 2013

Program Aspal Jalan di Kampung Gandaria



Jakarta 13 Des 2013 lalu. Program mengaspalan dikampung Gandaria Pasar Rebo tersebut sudah berjalan dengan baik, Pengaspalan dilakukan oleh beberapa tukang atau orang yang bekerja sebagai pengaspal jalan. Pengaspalan bukan hanya diberikan untuk jalan besar saja, melainkan di jalan perkampungan. Program tersebut dilaksanakan ber continue selama satu minggu. Tujuan adanya program pengaspalan adalah untuk memperbaiki jalan yang rusak serta agar jalan yang banyak dilalui oleh warga tersebut aman serta terlihat rapih.


" memang semestinya pengaspalan harus dilakukan, karena jalan dikampung ini rusak serta tidak sedap dipandang oleh mata, terlagi banyaknya motor yang melintas serta banyaknya anak - anak yang berlari kesana - kesini, padahal jalan dikampung ini kecil namun tidak terlalu sempit " Ujar Pj warga kampung Gandaria tersebut.

Aspal atau bitumen adalah suatu cairan kental yang merupakan senyawa hidrokarbon dengan sedikit mengandung sulfur, oksigen, dan klor. Aspal sebagai bahan pengikat dalam perkerasan lentur mempunyai sifat viskoelastis. Aspal akan bersifat padat pada suhu ruang dan bersifat cair bila dipanaskan. Aspal merupakan bahan yang sangat kompleks dan secara kimia belum dikarakterisasi

dengan baik. Kandungan utama aspal adalah senyawa karbon jenuh dan tak jenuh, alifatik dan aromatic yang mempunyai atom karbon sampai 150 per molekul. Atom-atom selain hidrogen dan karbon yang juga menyusun aspal adalah nitrogen, oksigen, belerang, dan beberapa atom lain. Secara kuantitatif, biasanya 80% massa aspal adalah karbon, 10% hydrogen, 6% belerang, dan sisanya oksigen dan nitrogen, serta sejumlah renik besi, nikel,

dan vanadium. Senyawa-senyawa ini sering dikelaskan atas aspalten (yang massa molekulnya kecil) dan malten (yang massa molekulnya besar). Biasanya aspal mengandung 5 sampai 25% aspalten. Sebagian besar senyawa di aspal adalah senyawa polar.

Dengan bahan yang cukup banyak dengan komposisi bahan yang pas membuat pengaspalan menjadi indah serta rapih. []MZ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar