Jumat, 19 Juli 2013

"Wajah" Global Orang Mukmin di Padang Ma'syar



Orang - orang yang beriman tidak akan sengsara tatkala manusia, yang lain mengalami kesengsaraan, tidak bersedih ketika orang - orang bersedih. Allah melimpahkan rasa aman kepada mereka pada hari tersebut, dan ketika mereka dibangkitkan dari kubur, para malaikatmenyambut mereka seraya menenangkan ketakutan dan menentramkan hati mereka. (Qs. Al- Insan[76]:11-12)

Kondisi Orang Mukmin Yang Beramal Shalih

- Orang Mukmin yang beruban
" barang siapa yang beruban dalam Islam, maka baginya cahaya pada hari kiamat." (HR. Ahmad - Shahih Al- Jami':6307)

- Orang Yang Memerdekakan Budak Muslim
" Seorang mukmin yang membebaskan budak kelak di hari kiamat akan dilindungi anggota tubuhnya dariapi Neraka. Hal ini dijelaskan dalam hadits Nabi: " barangsiapa memerdekakan seorang budak mukmin, maka Allah akan memerdekakakn dengan setiap anggota dari anggota tubuh budak itu setiap anggota dari anggota tubuhnya dari api neraka. Sampai - sampai Dia memerdekakan dengan kemaluan budak itu kemaluan orang itu." (HR. Bukhari).

- Orang yang menahan amarah
Rasulullah merangkan bahwa orang yang dapat menahan amarah kelak di padang ma'syar dipanggil Allah dan disuruh memilih bidadari. " Barangsiapa yang menahan amarah dan ia mampu untuk melakukannya, maka Allah akan memanggilnya dihadapan seluruh makhluk hingga memberikan kesempatan padanya untuk memilih bidadari manapun sebagai Isterinya." (HR.Abu Dawud, Shahih Al-Jami'.6522).

- Para Muadzin
Para muadzin telah meninggikan suara mereka di dunia dengan tauhid, maka Allah memanjangakan leher mereka diantara seluruh manusia pada Hari Kiamat. Supaya terlihat jelas keutamaan dan kedudukan. (HR. Ibnu Majah Shahih Al-Jami, 6002).

- Ahli Qur'an
Alqur'an datang bersama pembacanya yang mengamalkan (kandungan)Alqur'an di dunia, diiringi dengan Surh Al- Baqoroh dan Surah Al-Imran, keduanya datang bagaikan awan dan diantara keduanya terdapat pancaran sinar, atau seakan - akan keduanya naungan dari burung wool yang berdebat tentang pemilik keduanya. " (HR.Muslim, Shahih Al-Jami',7994)

- Orang yang senantiasa menjaga wudhu
Sungguh Allah akan membangkitkan orang - orang yang senantiasa berwudhu dengan wajah yang berseri - seri, sebagaimana hadist dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat dengan wajah yang berseri - seri dan bersinar cerah karena bekas basuhan air wudhu." (HR.Bukhari no. 133).

- Kaum Syuhada' dan Murabithun
Bila mereka terluka ketika berjihad (berperang) maka ia akan bangkit dengan kondisi luka apa adanya dan berbau harum. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, " Demi Allah yang nyawaku berada ditangan-Nya tiada seorang pun yang terluka dijalan Allah dan Allah lebih tau siapa yang terluka di jalan-Nya, melainakan akan adatang pada hari kiamat, dengan waraana merah darah yang masih mengalir, namun baunya wangi seperti minyak misk." (HR. Bukhari no. 2593 dan Muslim no. 3487).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar