Selasa, 16 Juli 2013

Alhamdulillah.. Pohon Kurma Masjid Al Barkah Bekasi Berbuah Ramadhan ini




Datangnya bulan Ramadhan menjadi berkah bagi umat Muslim Kota Bekasi. Terlebih lagi bagi Masjid Al Barkah. Dua dari sepuluh pohon kurma yang menghiasi serambi Masjid Agung milik Kota Bekasi ini tampak berbuah.

Salah seorang marbot Masjid Agung yang terletak di Jalan Veteran nomor 46, pohon kurma yang tumbuh di bagian selatan serambi masjid ini merupakan kali keempat berbuah.

"Biasanya saat Ramadhan selalu panennya, pohon kurma ini sekarang panen yang keempat," ungkapnya. Dia menambahkan, tiap tahunnya tidak dapat dipastikan pohon kurma yang mana diprediksi akan panen.

"Nggak tentu mas, kadang pohon yang berada dekat ke jalur keluar yang berbuah. Sekarang yang panen pohon yang berada di sisi kiri dan kanan masjid," jelasnya.

Haryadi menuturkan, banyak warga yang melihat pohon kurma yang tengah berbuah ini. "Selalu ramai mas warga yang melihat pohon kurma yang berbuah ini," jelasnya.

Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Barkah, Ilin Marludin (52), menyampaikan bibit pohon kurma yang menghiasi pelataran masjid ini dibeli dari perkebunan kurma yang berlokasi di Malingping, Banten.

"Awal beli itu sudah sebesar itu, belinya pada 2006. Saat itu niat membeli pohon untuk menciptakan suasana teduh untuk persiapan perhelatan MTQ Jabar yang Kota Bekasi menjadi tuan rumah pada saat itu," ungkapnya.

Ilin mengatakan tumbuhnya pohon kurma di Bekasi ini disinyalir karena iklim Kota Bekasi sesuai dengan habitatnya. "Kurma itu cocoknya di daerah panas. Kemungkinan karena cuaca di Bekasi panas, jadi bisa berbuah deh pohon kurmanya," paparnya.

Dia menambahkan sejauh ini perawatan pohon kurma ini cukup sulit. "Selain perlu diberikan vitamin di akarnya, pohon kurma ini juga tidak boleh disiram air. Lalu, biasanya diberikan sekat kayu di bagian bawah batang pohon kurma ini," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar