Sabtu, 11 Mei 2013

Manfaat Susu Kacang Kedelai



Manfaat Susu Kacang Kedelai


Susu kacang kedelai atau lebih tepatnya sari kacang kedelai, ada juga yang menyebutnya sari dele, merupakan sumber protein nabati yang terbaik. Dibandingkan dengan susu sapi, khasiat susu kacang kedelai jauh lebih baik. Selain mengandung protein tinggi, susu kacang kedelai juga rendah lemak, sehingga aman diminum oleh siapa saja.


Berbagai manfaat susu kacang kedelai antara lain, meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, menstabilkan kadar gula darah, anti keropos tulang, menambah daya ingat dan masih banyak lagi lainnya.

Cara membuat susu kedelai juga sebenarnya tidak sulit. Pilihlah kacang kedelai yang kualitasnya paling baik supaya hasilnya pun baik dan enak diminum. Sering kali hasil pembuatan susu kacang kedelai terasa bau langu, yaitu bau khas kacang-kacangan mentah.

Untuk menghilangkan bau langu tersebut disarankan merendam kacang kedelai dalam air panas selama 10 - 15 menit sebelum digiling, dan pada saat menggiling menggunakan air panas dengan suhu antara 80 - 100 derajat Celcius.

Susu merupakan salah satu sumber vitamin yang cukup tinggi, salah satunya adalah susu kedelai. Susu kedelai merupakan salah satu susu yang diolah dengan cara merendam, menggiling dan merebus kacang kedelai yang kemudian diambil sarinyadan diolah menjadi susu.

Manfaat susu kedelai sangat baik untuk kesehatan kita karena susu kedelai mengandung asam lemak esensial, serat dan protein yang sangat tinggi. Susu kedelai ini mampu menjaga fungsi tubuh kita agar tetap bekerja secara optimal setiap hari. Untuk itu, dengan meminum susu kedelai setiap pagi sebelum beraktivitas sangat baik untuk kesehatan kita.

Selain itu kacang kedelai mengandung isoflavone yang dapat memberi banyak manfaat bagi tubuh dalam memerangi berbagai penyakit seperti antara lain:

Menurunkan resiko penyakit jantung
Kacang kedelai adalah sumber , makanan yang bebas kolesterol serta mengandung protein yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol kita. Konsumsi secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol serta menghindari tekanan darah tinggi.

Menurunkan Resiko Ranker
Isoflavone dipercaya dapat menurunkan resiko terserang kanker, terutama kajiker payudara dan prostat.

Menurunkan Resiko Oestoporosis
Mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung isoflavone secara teratur sejak usia muda dapat meningkatkan kandungan mineral pada tulang serta ketebalan tulang. Sehingga kita dapat terhindar dari resiko oestoporosis di usia lanjut.

Menurunkan Berbagai Gejala Menepose
Isoflavone juga sangat efektif dan aman untuk membantu para wanita yang menghadapi berbagai gejala menepose seperti antara lain suasana hati yang berubah-rubah, insomnia, dan lain-lain.

Mempertahankan Tingkat Gula Darah
Isoflavone membantu menstabilkan dan mempertahankan tingkat kadar gula dalam darah. Tentunya manfaat ini baru bisa dirasakan jika konsumsi dilakukan secara rutin dan teratur dibarengi dengan diet rendah kalori.

Memerangi Kekurangan Zat Besi
Tanda kita sadari sebenarnya banyak dari kita yang menderita kekurangan zat besi. Menurut penelitian terakhir satu badan dunia, hampir 30 persen dari orang di dunia menderita kekurangan zat besi, dimana sebagian besar dari mereka tidak menyadari kondisi ini. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung isoflavone secara bertahap kekurangan zat besi ini dapat diatasi.[]MZ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar