Jumat, 10 Mei 2013

Apa Susahnya Membuat Karya Tulis ?



Sebelum berbicara mengenai contoh karya tulis, ada baiknya
kita mengenal definisi karya tulis itu sendiri. Karya tulis dapat di pecah menjadi dua kata yakni karya dan tulis. Kata “karya” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti pekerjaan, hasil perbuatan, buatan, ciptaan (terutama karangan). Lebih jauh, KBBI menjelaskan arti “karya” dengan sebuah kalimat ini; novel Belenggu merupakan karya terkenal Armijn Pane.
Sedangkan kata “tulis”, tidak didefinisikan secara tunggal oleh KBBI. Ini mungkin karena kata “tulis” bukan merupakan kata benda. Sehingga KBBI menjelaskannya dengan menambah imbuhan untuk memperjelas. Misalnya;

“bertulis” dijelaskan sebagai; ada huruf (angka dsb) yang dibuat (digurat dsb) dengan pena (pensil, cat, dsb)
“menulis” dijelaskan sebagai; membuat hufur (angka dsb) dengan pena (pensil, kapur, dsb)
“tulis-menulis”dijelaskan sebagai perihal menulis (mengarang dsb).
“tulisan” dijelaskan sebagai hasil menulis, barang yang ditulis, cara menulis, karangan, (dl majalah,surat, artikel, ide menarik kreatif. surat kabar, dsb atau yang berupa cerita, dongeng, dsb), buku-buku (karya-karya tulis dsb) gambaran, lukisan, batik (yg bukan batik cetak) suratan dengan tertulis.
Dari kedua definisi diatas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa definisi karya tulis adalah segala bentuk hasil olah pikir manusia yang dituangkan dalam tulisan. Sehingga jika merujuk pada definisi ini, setidaknya ada 2 macam contoh karya tulis. Contoh karya tulis tersebut adalah; karya tulis fiksi dan karya tulis non fiksi.
Karya tulis fiksi adalah karya tulis yang merupakan rekaan, khayalan, atau hasil imajinasi manusia. Contoh karya tulis fiksi antara lain; cerpen, novel dan puisi.
Jika cerpen adalah sebuah prosa mengenai kejadian dalam kehidupan seseorang, maka novel sedikit berbeda. Novel adalah karangan prosa panjang dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang disekelilingnya dan menonjolkan watak dan karakter dari tiap tokoh dalam cerita tersebut.[]MZ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar