Jumat, 10 Mei 2013

Bunga Cantik dari Sabun Mandi



Suatu hari saya pergi ke rumah kenalan saya yang sudah cukup lama tak bertemu. Rumahnya cukup asri meskipun sederhana. Rumah yang tidak terlalu besar namun cukup menarik. Tetapi yang cukup membuat saya ingin tahu lebih dalam adalah aroma harum dan segar dari dalam rumah. Saya jadi bertanya-tanya bau parfum apa yang begitu harum dan menyegarkan. Sepengetahuan saya bau pengharum ruangan bila disemprotkan tidak akan bertahan lama seperti itu.

Karena rasa ingin tahu yang besar maka saya bertanya pada kenalan saya ini, apa yang membuat harum ruangan itu. Ternyata jawabannya adalah sabun. Sejenak saya sempat bingung karena tidak satu benda yang berbentuk menyerupai sabun terdapat di ruangan tersebut. Kemudian kenalan saya menjelaskan bahwa rangkaian bunga yang diletakkan di meja tamu yang semula saya kira adalah bunga plastik ternyata bunga yang terbuat dari sabun.

Rangkaian bunga yang disulap dari sabun mandi, menjadi rangkaian bunga yang berfungsi mengharumkan ruangan ternyata sekaligus dapat bberfunsi sebagai aroma terapi. Kemudian diceritakanlah awal mula kreasi bunga dari bahan sabun tersebut. Disaat suaminya tugas di luar kota, pada waktu senggang dia isi dengan mengikuti latihan merangkai bunga dari sabun. Hingga saat ini dia dapat membuat kreasi dengan bermacam-macam bentuk variasi bunga maupun buah.

Status sebagai ibu rumah tangga bagi kenalan saya, ternyata tidak berarti menghilangkan proses kreativitasnya. Akhirnya saya tertarik juga untuk belajar merangkai bunga dari sabun tersebut. Meskipun hasilnya mungkin tidak sebagus kenalan saya tapi saya senang karena sekarang saya dapat mengharumi ruangan di rumah tanpa memakai pengharum ruangan dan dapat membuat kreasi rangkaian bunga yang cukup menarik dan yang penting hasil karya sendiri.

Bila ingin membuat bunga dari sabun ternyata caranya mudah saja. Bahan-bahan yang diperlukan adalah:
- Gunakan sabun mandi sebaiknya jangan gunakan sabun mandi kesehatan tapi
gunakan yang beraroma wangi buah-buahan. Untuk tujuan aroma terapi saat ini juga
banyak dijual jenis-jenis sabun yang yang berfungsi untuk aroma terapi berdasarkan
wanginya.
- 5 sendok makan air panas, tepung maizena (tepung jagung) secukupnya, dan pewarna
bila perlu.
Cara membuatnya juga sederhana yaitu: sabun diparut dengan parutan kelapa lalu dicampur dengan air panas dan diaduk sampai rata. Jika dihenhendaki dapat ditambahkan zat pewarna makanan beberapa tetes. Kemudian masukkan tepung maizena agar menjadi keras, dan bentuklah adonan tadi menjadi kelopak bunga sesuai keinginan (mawar kembang dan kuncup, melati, matahari, tulip dan berbagai bentuk bunga lain) yang dirangkai pada lidi/kawat sebagai tangkai bunga atau bentuk buah-buahan (jeruk, pisang, apel dll). Pada tahap akhir rangkailah bunga dan letakkan dalam vas bunga.

Dalam merangkai bunga dari sabun kita dapat membuat dengan berbagai macam ukuran dan hiasan tambahan seperti daun-daunan. Bunga dari sabun ini mampu menghasilkan aroma wewangian selama kurang lebih enam bulan. Dan siapa tahu dapat menambah penghasilan di saat seperti ini seperti kenalan saya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar