Minggu, 30 Agustus 2015

Cara agar ilmu yang kita kuasai tidak cepat hilang


Seiring berjalanya waktu dan bertambahnya usia ternyata beragam ilmu yang dahulu kita kuasai sedikit demi sedikit menghilang dari ingatan. Contohnya pada masa kanak-kanak kita mengenal beragam permainan tradisional dengan keunikan cara bermain dan peraturan yang harus dipatuhi setiap pemain, namun ketika menginjak usia dewasa atau bahkan berkeluarga maka semua  jenis


permainan tersebut sudah mulai terlupakan, kalaupun masih ingat pasti hanya beberapa buah permainan saja. Hal ini juga berlaku pada macam-macam ilmu yang dahulu kita pelajari dibangku sekolah dasar, menengah atau bahkan dunia kuliah. Lalu apakah kita harus berdiam diri saja menyaksikan semua itu terjadi? Padahal banyak ilmu yang sangat bermanfaat bagi diri sendiri atau bisa juga diwariskan untuk anak cucu agar bisa menjadi bekal dalam mempermudah proses berpikir mereka di masa depan. Tentunya ada banyak cara agar ilmu yang kita kuasai tidak cepat hilang, untuk itu mari berdiskusi disini sehingga dapat dikumpulkan macam-macam metode terbaik untuk mengawetkan ilmu. Nah.. sebagai permulaan, berikut ini kita uraikan beberapa langkah yang mungkin bisa dilakukan.

Cara agar ilmu yang kita kuasai tidak cepat hilang
  1. Ikatlah ilmu dengan menuliskanya karena dengan menulis sebenarnya kita sedang mencoba mengabadikan ilmu yang kita kuasai, menulis itu bisa berbentuk kata-kata, gambar atau bahkan karya 3 dimensi seperti macam-macam karya seni. Buktinya, banyak kita saksikan berbagai macam penemuan tentang peradaban zaman lalu berdasarkan hasil karya atau tulisan orang-orang terdahulu.
  2. Mengajarkan ilmu yang dimiliki, dengan begini maka kita menggandakan ilmu dengan menyimpanya didalam otak yang berbeda. Ilmu-ilmu tersebut kemudian bertahan, terkikis atau mengalami pengembangan. Semakin banyak ruang penyimpanan dan jumlah ilmu yang disimpan maka kemungkinan untuk hilang menjadi sangat kecil.
  3. Menggunakan ilmu untuk menciptakan karya cipta, karya-karya tersebut bisa menjadi sarana generasi masa depan untuk mengungkap seperti apa cara pembuatanya sehingga secara otomatis ilmunya juga ikut terungkap.
  4. Memperkuat hafalan dengan membacanya berulang-ulang, beberapa kata atau kalimat bisa kita hafal diluar kepala jika kita bersungguh-sungguh untuk mencoba menghafalnya.

Intinya adalah, untuk mengawetkan ilmu maka kita perlu menggunakan ilmu tersebut agar bisa menebar kemanfaatan, semakin banyak kita mengamalkanya maka ilmu semakin bertambah :-) . lalu apa cara terbaik yang akan engkau tempuh agar ilmu itu tetap awet?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar