Minggu, 30 Agustus 2015

Fungsi ilmu dalam kehidupan


Fungsi ilmu dalam kehidupan memang sangat penting karena dengan ilmu pengetahuan maka hidup menjadi mudah, contoh nyatanya adalah seringkali kita mendengar cerita tentang seseorang yang mendapatkan harta banyak secara mendadak namun karena tidak mempunyai ilmu yang cukup dalam mengelolalanya maka secara cepat harta tersebut habis entah kemana, sebaliknya seseorang dari


keluarga miskin dengan semangat mencari ilmu tinggi maka besar kemungkinan dikemudian hari akan mendapatkan harta berlimpah ketika sudah mempraktekan ilmunya. begitulah gambaran tentang arti pentingnya sebuah ilmu sehingga kita diwajibkan untuk mencari ilmu sejak lahir sampai masuk ke liang kubur, namun tujuan akhir hidup kita sebenarnya tentu bukanlah untuk mencari ilmu maupun harta tapi bagaimana mempergunakan segala fasiltas kehidupan yang ada untuk kelancaran ibadah sehingga dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun sesama. berikut ini beberapa hal tentang arti penting sebuah ilmu.
  1. Ilmu merupakan sesuatu yang sangat berharga, tidak berat dalam membawanya serta akan terus bertambah apabila diajarkan atau diamalkan.
  2. Dalam berkata-kata dan beramal harus menggunakan ilmu yang cukup tentang tindakan tersebut sehingga tidak menimbulkan kesalahan. orang yang beramal tanpa menggunakan ilmu bisa diibaratkan sedang berjalan pada arah yang tidak jelas sehingga kemungkinan besar akan tersesat entah kemana.
  3. Ilmu adalah alat untuk menuju hidup bahagia, sudah kita ketahui sebelumnya bahwa tubuh manusia selain terdiri dari jasmani juga ada rohani, jika jasmani membutuhkan makan minum maka rohani kita juga membutuhkan ilmu.
  4. Ilmu ibarat sebuah cahaya yang menerangi kita dari kegelapan, bisa dibayangkan apabila cahaya itu padam maka pandangan kita menjadi gelap tanpa penerangan dalam melakukan aktifitas.
  5. Untuk menjadi bahan pengetahuan dalam menciptakan suatu barang atau produk yang dapat memudahkan aktifitas kehidupan manusia.
  6. Untuk menganalisa dan memperkirakan hubungan sebab akibat pada setiap kejadian sehingga bisa memutuskan untuk dapat menempuh langkah terbaik.
  7. Ilmu juga digunakan oleh seorang guru sebagai pedoman dan bahan dalam mengajarkan ilmunya kepada orang lain.
  8. Sebagai pedoman dalam membedakan mana yang baik dan jelek.
  9. Mengingat pentingnya fungsi ilmu dalam kehidupan maka sangat disayangkan apabila kita temukan siswa yang belajar pada bangku sekolah atau kampus hanya sekedar ingin mendapatkan gelar pendidikan atau  ijazah saja, bahkan pernah kita dengar lembaga sekolah bukanya fokus bagaimana memberikan ilmu kepada siswa namun hanya memikirkan bagaimana agar siswanya bisa lulus 100% saat ujian nasional akhir masa sekolah :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar