Minggu, 30 Agustus 2015

Investasi ilmu itu jauh lebih menguntungkan dibanding harta


Investasi ilmu itu jauh lebih menguntungkan dibanding harta, kenapa bisa demikian? mari kita bahas disini. Gambaran mudahnya begini, kita lihat negara jepang yang pernah terpuruk pada beberapa puluh tahun yang lalu, sumber saya alam sangat terbatas. tapi mereka tidak mau menyerah, Ada strategi penting yang justru hasilnya jauh lebih dahsyat yaitu Investasi ilmu, hasilnya bisa kita lihat dewasa ini banyak sekali teknologi jepang yang dipakai diberbagai belahan dunia, bahkan kalau kita sadar dan mau jujur, coba kita lihat di jalan-jalan indonesia, entah itu jalan raya atau gang sempit sekalipun maka bisa kita saksikan berbagai macam jenis dan merek kendaraan buatan jepang yang menguasai pasar indonesia. sebenarnya apa saja keistimewaan ilmu sehingga pengaruhnya bisa sangat besar ini, mari kita uraikan.


Bukti bahwa invetasi ilmu jauh lebih menguntungkan dibanding harta
  1. Pernah dengan cerita anak yang mendapat harta warisan besar dari orang tuanya, tapi karena anak tersebut tidak cukup ilmu untuk mengelolanya maka hartanya habis entah kemana. sebaliknya ada anak dari keluarga miskin yang begitu giatnya menuntut ilmu maka dikemudian hari bisa memiliki banyak harta karena punya banyak ilmu yang bisa mendatangkan harta.
  2. Coba sebutkan beberapa pahlawan, atau orang penting dalam sejarah yang saat ini banyak dikenang masyarakat. sebagian besar dari mereka dikenang karena jasanya dalam mengajarkan atau mengamalkan ilmunya kepada masyarakat.
  3. Pernah dengar kata seseorang telah melakukan korupsi ilmu? kedengaranya sangat aneh. yang ada justru korupsi harta. hal ini karena yang namanya ilmu itu hanya dipertangungjawabkan untuk apa digunakan dan tidak perlu ditanyakan dari mana memperolehnya. sebaliknya yang namanya harta itu ditanyakan dapatnya dari mana dan untuk apa.
  4. Bayangkan jika mempunyai harta banyak, bagaimana cara menyimpanya? tentunya sangat merepotkan dan selalu bikin was-was kalau hilang. sebaliknya meskipun kita mempunyai ilmu banyak tapi cukup disimpan di otak dan bisa dibawa kemanapun kita pergi.
  5. Untuk menjadi pengusaha sukses harus punya kemauan kuat untuk terus belajar, entah itu strategi produksi, pengelolaan sumberdaya manusia, sistem pemasaran dan yang lainya, hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya seminar kewirausahaan yang seringkali tiketnya berharga tinggi tapi tetap banyak juga peminatnya, hal ini karena mereka tahu betapa pentingnya investasi ilmu.

Jadi marilah kita cari ilmu sebanyak mungkin, harta yang ada kita gunakan untuk menuntut ilmu, bukan sebaliknya yang banyak terjadi yaitu menggunakan ilmu untuk mencari harta. hal ini merupakan tindaakan yang kurang tepat karena harga ilmu itu jauh lebih tinggi dibanding harta. atau kata singkatnya begini “Kita gunakan ilmu sehingga bisa menjadi manusia yang bermanfaat maka secara otomatis harta datang mengikuti sebagai bekal untuk menebar kemanfaatan” gimana? ada yang protes, atau setuju dan hendak menambahkan uraian tentang ini, silahkan berbagi ilmu pengetahuan disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar