Senin, 21 Oktober 2013

Tape Ketan hitam & Uli khas di Hari Raya

Tape Ketan hitam & Uli khas di Hari Raya

Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha merupakan suatu kegembiraan tersendiri bagi yang merayakannya, hidangan serta makanan beraneka ragam pun tersedia, makanan yang beraneka ragam tersebut apabila tidak ada, terasa hari spesial itu tidak terkesan sebut saja tape uli, makanan tersebut merupakan makanan favorit masyarakat setelah ketupat ayam. Tape uli yang terbuat dari ketan hitam yang dikukus serta ditaburkan ragi dengan guka pasir sekupnya maka jadilah tape ketan itam yang mealalui permentasi ragi tersebut.


Tape ketan hitam tidak enak dihidangkan apabila tidak adanya pasan menu makanan yakni Uli Ketan Putih, Uli yang terbuat dari Ketan putih yang dikukus serta di taburkan kelapa parut diatasnya kemudian setelah matang ketan yang sudah ditaburkan kelapa parut tersebut di tuangkan ke baskom atau mangkuk yang berukuran besar setelah itu ditumbuk dengan menggunakan alat Alu ( alat yang menyerupai batang tumbuk yang permukaan bawah alu bulat ), Hingga Hasul Uli tersebut ditumbuknya Seperti Ibu Hasanah yang hampir disetiap Hari Raya Besar pasti membuat makanan khas tersebut " tape uli adalah makanan khas kami , klo gak ada makanan tersebut ya,, hari raya kurang berkesan " ujar Ibu Hasanah Ibu Rumah tangga.

Agar ali terjamin kebersihannya maka Alu alt untuk menumbuk Uli tersebut dibuksus ujung bawahnya yang rentan terkena uli dengan menggunakan plastik bening, jangan yang berwarna karena bisa menghantarkan racun. Setelah tumbukan uli halus maka uli tersebut di bentuk bulat pipih kekmuadian di bungsus dengan daun pisang seperti lontong namun uli tersebut dibungkus dengan porsi besar, Setelah itu uli dapat dihidangkan dengan menggunakan tape ketan item yang sudah dipermentasikan dengan bahan ragi, lama permentasi tape tersebut kurang lebih dari 5 hari. Maka lebih baik membuat tape ketan item dahulu kemudian membuat uli tersebut.

Uli juga dapat dihidangkan dengan menu lain seperti dicampur oleh gula pasir denga proses uli digoren tersebih adahulu setelah dipotong - potong, namun itu semua sesuai selera masing - masing ada yang dimakan dengan saus, kecap dll. Tape Ketan Item juga bisa dibuat denga ketan yang berwarna putih namun proses serta kerjanya pun sama seperti pembuatan ketan item namuan hanya saja ketan yang digunakan berbeda, sehingga tidak mengurangi kelezatan makanan khas jakarta tersebut.[]mz_matasiswa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar