Kamis, 03 Oktober 2013

Ada Apa direhabilitas dan Panti Sosial



Baksos atau yang lebih dikenal Bakti Sosial merupakan Kegiatan yang baik dengan peduli dengan orang - orang yang kurang fisik atau tidak berfungsinya salah satu seperti mata, atau anggota tubuh yang lainnya. Selain Baksos, instilah - istilah tersebut juga tak asing lagi seperti Bansos / Bantuan Sosial, Daya Sos /Pemperdayaan Sosial, Lan Sos/ KEMSOS atau KEMSET.
Baksos yang bernaung didalam KEMENSOS telah membuka siswa didik dengan menerima Panti 100 orang tidak lebih, Namun itu semua berjalan dengan adanya seorang yang mengatur kegiatan tersebut.



Kegiatan yang sudah berjalan cukup lama tersebut merupakan jerih payah dari beberapa orang dengan kreatifas serta keuletannya maka kegiatan tersebut berjalan dengan lancar hingga hari ini, Sebut saja Ibu Agustina selaku RESOS, Sebagai Pengurus Taruna hingga menjabat sebagai Bendahara Sosial. Panti tersebut sudah tersebar sebanyak 40 Panti Sosial seIndonesia.

Istilah ODK ( Orang Dengan Kecacatan ) meliputi dua kejadia yakni.
- Dari Lahir
- Karena Kecelakaan.
Bukan hanya itu ODK merupakan salah satu interegitas untuk menjadi contoh baik, karena ODK memiliki semangat yang tinggi dibandingkan dengan kebanyakan orang pada umunya, bahkan memiliki Percaya diri yang kuat.

Ibu Agus selaku yang berperan penting didalamnya sudah dua tahun mengurus Tuna Netra di Bekasi. Kegiatan tersebut meliputi Dengan pelatuhan datang dari bandung dipanti sosial tersebut. " Mata boleh Buta tapi mata hati tidak Buta " Ujar Ibu Agustina, Selaku Pengurus Panti Sosial. Semua itu dituntut kepedulian dan kesetiaan kawanan berjalan dengan hati ikhlas merupakan semboyan langkah perjalan tersebut.

Bukan hanya itu " Merasakan perubahan dengan berdekap tangan dengan butuh proses " dan " Komunikasi dengan dua Arah tidak Bisa Satu Arah " ujar kembali Ibu Agustina KEMENSOS. Berdekap tangan yang biasanya tangan kanan diatas Kemudian Menjadi tangan kiri diatas itu merasakan tidak nyaman dengan perubahan itu, berarti perubahan itu butuh proses. Dan maksud komunikasi dua arah yakni kita tidak bisa melakukan komunikasi satu arah tapi harus dua arah. dan KEMENSOS dengan KEMSET itu kementrian sosial dan kementrian kesehatan.Sehinga pada saat ini Ibu Agustina Tidak Lagi sebagai bendahara melainkan lebih tinggi lagi jabatannya yakni berjabat sebagai Staf Khusus Dirjen RESOS[] Izzah/MSS/MZ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar