Kamis, 28 Februari 2013

Kajian Islam Membawa Keberkahan



Pendidikan Islam pada hakekatnya tidak terlepas dari perjalanan sejarah Islam sejarah umum. Hal ini disebabkan, karena mempelajari priodisasi sejarah pendidikan Islam  berarti mempelajari periode-periode sejarah Islam  itu sendiri.

Periodisasi sejarah Islam menurut Harun Nasution dibagi dalam tiga periode, yaitu periode kalsik, pertengahan dan modern.

Kemudian perinciannya dapat dibagi menjadi 5 masa, yaitu.

    Masa nabi Muhammad SAW. (571-750 M)
    Masa khulafaur rasyidin (abu bakar, umar dan ali di madina (632661 M)
    Masa kekuasaan umawiyah di damsyik (661-750 M)
    Masa kekuasaan abbasiyah di Bagdad (750-1250 M)
    Masa dari jatuhnya kekuasaan Khalifah di Bagdad tahun 1250 M sampai sekarang

Keadaan demikian berlangsung pada suatu saat bangsa-bangsa eropa berusaha untuk merembeskan kekayaan budaya Islam  ke barat, dan bersamaan waktunya dengan datangnya bangsa bangsa timur (bangsa moghut) untuk menghancurkan menghancurkan dan memusnakannya. Peristiwa mundurnya kaum kuslimin di Spanyol dan keruntuhan Bagdad dengan segala akibatnya. Adalah merupakan masa semakin mundurnya kebudayaan Islam.

Sehubungan dengan permasalahan tersebut, maka tulisan ini bertujuan mendiskripsikan tentang kemunduran Islam yang berimplikasi pada kemunduran pendidikan Islam dan ilmu-ilmu, namun berkembang ilmu-ilmu tertentu. Demikian pula eropa pada masa kemunduran Islam di timur.

Maka diharapkan pula tulisan ini dapat membuka cakrawala berpikir kita bahwa kaju mudurnya pendidikan pada umumnya dan pendidikan Islam khususnya tidak telepas dari maju mundurnya suatu pemerintahan atau dinasti. Dan tidak berlebihan jika hal itu jadikan sebagai pelajarn demi kemajuan pendidikan di tanah air kita.[]MZ_matassiwa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar