Minggu, 04 Agustus 2013

Zakat Untuk Kemandirian Umat





Akhi Amal, Dalam Islam zakat tidak hanya memiliki fungsi sebagai bantuan amal (charity) dari si kaya ke si miskin. Zakat memiliki nilai perubahan strata sosial dari mereka yang berhak menerima (mustahik) menjadi orang yang wajib membayar zakat (muzakki). Di sinilah efektifitas dan produktifitas dana zakat diukur, ketika zakat yang diberikan menambah nilai kemandirian mustahik. Bukan hanya sebatas obat penderitaan sesaat.

Zakat juga banyak dikategorikan berbagai macam jenis aneka tempat zakat atau kotak amal seperti halnya berbentuk, bulat, kotak, trapesium dan lain - lain yang sesuai dengan kebutuhan dan lembaga - lembaga tersebut. Namun kotak amal tersebut memiliki proses prosedur yang sangat ketat, namun masih saja ada sekelompok orang yang memanfaatkan kotak amal untuk kepentingan pribadinya, seperti contoh banyaknya kotak amal yang bertebaran dimana - mana.

Namun tidak semua kotak amal tersebut yang bertebaran tersebut itu bohong, namun tips dan trik untuk mengetahui kotak amal yang asli atau sampai dengan kepada tangan yang membutuhkan, seperti adanya surat ijin, adanya proposal,adanya dokumentasi kegiatan, adanya sponsor, dan adanya profil seorang yang memberikan bantuan secara rurtin ( adanya brosur dan memiliki Surat Rekomendasi dari lembaga terkait).MZ_matasiswa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar