Senin, 26 Agustus 2013

Matasiswa.com : Indahnya Pulau Untung Jawa " Bersandar Di Pulau Untung Jawa "

Mengawali perjalanan Silaturohim sehabis libur panjang Idul Fitri di tahun 2013 ini, Mahasiswa Islam Jakarta merencanakan perjalanan wisata pada pertengahan bulan Agustus 2013 menuju Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Pulau yang memiliki luas sekitar 40 Ha ini memiliki keindahan yang eksotis. Pesisir pantai yang bersih, pemandangan hutan mangrove yang indah dan penduduk yang ramah adalah salah satu bagian dari enaknya berwisata di Pulau Untung Jawa ini.

Pulau Untung Jawa memiliki akses perjalanan yang mudah, dapat di tempuh melalui Pantai Tanjung Pasir, Muara Angke atau Pantai Marina Ancol, berikut cerita perjalanan menuju Pulau Untung Jawa :

Pagi itu langit begitu cerah, Mahasiswa Islam Jakarta sudah siap - siap untuk berangkat menuju Pulau Untung Jawa. kami pun berangkat dengan menggunakan Mobil menuju Pantai Tanjung Pasir melalui jalur Bandar udara Soekarno Hatta dan keluar di pintu M1. Mereka pun sempat mampir di salah satu swalayan untuk membeli beberapa makanan ringan dan minuman untuk persediaan. Tidak lupa kami pun membawa bekal kue lebaran untuk makan siang nanti disana.

Setelah melewati Pasar kampung Melayu, menyaksikan beberapa pemandangan sawah disusul dengan tambak ikan yang di budidayakan oleh masyarakat di sana. Kami pun berbarengan dengan beberapa rombongan yang hendak pergi menuju Pantai Tanjung Pasir dan menuju Pulau Untung Jawa.

Perjalanan ditempuh sekitar kurang lebih 2 setengah jam dari Lubang Buaya Jakarta Timur menuju pantai Tanjung Pasir, setelah kami sampai di pintu masuk Pantai Tanjung Pasir kami pun memarkir kendaraan di tempat parkir yang disediakan dan membayar uang masuk dan parkir kendaraan sebesar Rp. 10 ribu rupiah. Persis Dipermukaan Pantai Untung Jawa beserta hamparan perahu - perahu yang bergerak sejajar mengikuti irama ombak yang menghampirinya.

setelah dapat memarkir kendaraan di tempat parkir, tiba - tiba datang lah seseorang yang menawarkan untuk menyebrang ke pulau Untung jawa dengan kapal orang tersebut, kami pun bertanya tentang harganya, ternyata hanya 30 ribu per orang untuk PP.

Kapal menuju Pulau Untung Jawa yang hendak kami naiki mampu membawa penumpang lebih dari 70 orang, wal hasil kami harus menunggu penumpang lain. Sekitar setengah jam akhirnya kapal pun mulai untuk diberangkatkan.

Kapal pun melaju perlahan meninggalkan Pantai Tanjung Pasir menuju Pulau Untung Jawa, hamparan laut yang luas nan indah serta tampaknya dari kejauhan beberapa deretan pulau yang berada dalam kep. seribu adalah pemandangan yang bisa kita nikmati di atas kapal disertai dengan angin yang laut yang sepoi - sepoi kala itu membuat perjalanan yang murah meriah kali ini menambah semangat kami untuk segera sampai di Pulau Untung Jawa.

Pulau Untung Jawa pun mulai terlihat semakin dekat dan jelas, perjalanan ditempuh sekitar setengah jam lebih untuk menuju pulau ini. Kami pun mulai melangkahkan kaki kami ke dermaga di pulau ini dan bersiap untuk menjelajah di pulau ini, namun pemilik kapal berpesan sebelum meninggalkan kami bahwa kami akan di jemput sekitar pukul 4 sore nanti di dermaga ini untuk kembali ke pantai Tanjung Pasir.

Setelah meninggalkan dermaga secara perlahan kami pun mulai melangkah untuk menyusuri pesisir pantai di pulau ini. Sungguh ini pemandangan di pantai ini, air nya juga jernih " celetuk Topik yang takjub melihat pantai ini". Kami pun terus menyusuri pantai ini hingga kami lupa bahwa kami telah jauh dari dermaga. Sesekali kami istirahat di salah satu pendopo/ saung yang banyak berada di pinggir pantai sebagai fasilitas yang disediakan bagi para wisatawan untuk istirahat sambil memandang ke arah lautan.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan di sekitar pantai sambil mengelilingi pulau tersebut. bermain air serta mencari spot yang bagus untuk mengabadikan momen tersebut dengan beberapa
jepretan kamera, berikut hasil jepretannya, Bukan hnaya itu Pantai yang terhampar indah tersebut, langsung diabadikan dengan sebuah kamera digital. Mereka sebut saja Imam dan kawan - kawan langsung meluncur untuk berenang di pantai tersebut, hamparan keoang serta pasir yang dibuburi karang - karang nan indah. Dapat menambah ke asyikan Imam dan teman - teman untuk leluasa menikmati alam yang terhampar indah tersebut.

Karena asyiknya berjalan di tepi pantai dan bermain air di tambah beberapa kali istirahat untuk menikmati makanan yang kami bawa, waktu pun cepat berlalu dan sudah menjelang sore. Kami pun bersiap - siap untuk kembali ke dermaga dan menanti datang nya kapal yang akan membawa kami kembali ke Pantai Tanjung Pasir.

Karena ada beberapa penumpang yang datang terlambat di dermaga, akhirnya perjalanan pulang mengalami keterlambatan, namun bukan berarti kami harus kecewa dengan hal tersebut, justru kami senang karena bisa melihat sunset di atas kapal di tengah lautan.

Serunya perjalanan ini ternyata mampu membuat kami menjadi rileks dari aktivitas sehari - hari, jauh dari keramaian dan kebisingan kendaraan kota jakarta adalah obat untuk tenangnya jiwa. Jadi kalo ingin wisata murah namun berkualitas untuk daerah Jakarta dan sekitarnya mungkin pergi ke Pulau Untung Jawa bisa menjadi alternatif.[]MZ:_matasiswa.com