Selasa, 26 Januari 2016

Matasiswa.com : PPM (Program Pengabdian Masyarakat) : Kultum Ideologi















Kultum adalah singkatan dari kuliah tujuh menit. Kuliah adalah proses memberi dan menerima ilmu. Tujuh menit menggambarkan singkatnya waktu yang dibutuhkan. Dengan demikian Kultum adalah semacam forum atau majelis untuk berbagi ilmu atau dakwah. Kultum diberikan pada umumnya saat dalam bulan ramadhan dan dilaksanakan pada bakda shalat isya’ menjelang shalat tarawih dan bakda shalat subuh. Maka Kultum kali berkaitam dengan Program Pelatihan Masyarakat (PPM).



Maka dari itu, Mahasiswa STAI PTDI jakarta mengadakan PPM di pesantren Nidaa As-Sunnah pada tanggal 15, 16, 18, 19, dan 20 Januari 2016 dari Pukul 21.30 hingga 22.00 Malam, acara diisi dengan berbagai kajian, hingga sharing dakwah. Kutum tersebut merupakan salah satu kegiatan yang diperoleh untuk data PPM, Maka Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pesantren tersebut, Kultum tersebut dibawakan oleh 5 Mahasiswa STAI-PTDII Jakarta dan merupakan salah satu Mahasiswa yang dibeasiswakan oleh Media Mandiri, Berikut sebut saja, Supandi (Komunikasi & Penyiaran Islam), Vicky Azmi (KPI), Suwarjon (KPI), M. Ghifari Ramadhan (KPI), Dan Dede Rosadi (Manajemen Ekonomi Syariah/Muamalat/ MES).
Kultum ditutup Oleh Mudir Ponpes Nidaa As-Sunnah sebut saja Ust. Miqdad Ali Azka,Lc, serta Ust – Ust Lainnya, Namun untuk peserta kegitian Kultum diwakili saudara Dede Rosadi yang bertema “ Kiat Belajar dalam Islam” Dokumentasi Saudara Vicky Azmi serta Konsumsi Supandi dan Suharjhon, Tentu saja acara tersebut tidak akan luput dari MC atau Pembawa acara, maka sebut saja Ghifari ditunjuk sebagai MC namun karena berhalangan maka MC digantikan Oleh Saudara Abdul Mazid, serta kegiatan Penutupan PPM tersebut berjalan dengan baik.
Bukan hanya itu kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 40 santri serta peserta PPM, Melatih untuk keberanian berbicar didepan umum adalah suatu hal yang harus dilewati serta kegiatan tersebut merupakan suatu hal yang menarik bagi para peserta PPM tersebut, yakni bukan hanya itu mengejar nilai melainkan untuk melatih diri untuk terbiasa berbicara didepan orang banyak seperti. Kultum, Ceramah, Pidato serta Memberikan Tausiyah Singkat, maka dari itu acara PPM tersebut sangat bagus untuk dikembangkan, karena untuk memupuk pemuda yang tangguh untuk terbiasa memberikan kebaikan informasi ke khalayak banyak.[]Abdul Mazi
d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar