Minggu, 21 Juni 2015

Matasiswa.com : Tradisi Sekolah : Pesantren Kilat di Bulan Ramdhan


Pesantren kilat jadi salah satu agenda wajib sekolah untuk mengisi kegiatan di bulan puasa. berbagai materi tentang cara berpuasa, keutamaan puasa hingga materi zakat biasanya disampaikan di sini. Tapi dari sekian banyak siswa yang ikut, bisa dihitung deh seberapa banyak yang mendengarkan dengan serius. Sisanya biasanya ngobrol sendiri, kalau nggak gitu pasti ngrrecokin guru yang jadi pemateri dengan cara menyela pembicaraan dengan kata-kata lucu yang membuat suasana jadi gaduh.



Kegiatan pesantren kilat yang biasanya marak diadakan di setiap lembaga pendidikanformal pada berbagai jenjang pendidikan saat bulan Ramadhan, merupakan sebuah solusi.Solusi untuk lebih mendekatkan para siswa pada Islam yang selama ini hanyadiperkenalkan oleh para guru agama di sekolah dengan sambil lalu. Sebab di bulan-bulandi luar Ramadhan jam pelajaran agama Islam hanya dua jam pelajaran, sama porsinyadengan pelajaran Seni Budaya dan pelajaran Bahasa Sunda. Dapat dibayangkan, dengan jam pelajaran yang begitu terbatas, bagaimana mungkin para siswa bisa lebih pahamtentang agamanya, bagaimana mungkin mereka akan bisa memaknai kitab sucinya, sertaapakah mereka akan sampai pada dapat mengaplikasikan pelajaran agama yang dianutnyadalam kehidupan sehari-hari?
Dan kegiatan pesantrĂ©n kilat bak oase di tengah padang yang gersang, ibarat segelas air yang mampu menghilangkan rasa dahaga seorang pengembara yang kehausan di tengah perjalanan. Pesantren kilat, sebuah kegiatan yang di dalamnya begitu sarat makna danmanfaat.Dengan mengikuti kegiatan pesantren kilat, para siswa seakan-akan diingatkan kembali, bahwa setiap muslim diwajibkan mengetahui lebih dalam tentang agama Islam, tidak bisasambil lalu dan tidak cukup dengan hanya menelan berbagai teori seperti yang terdapatdalam kebanyakan buku teks pelajaran agama. Memeluk Islam itu adalah menjadikan
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar