Selasa, 30 September 2014

Sucikan Dirimu dengan Berqurban



Idul adha 1435 H jatuh pada tanggal 04 Oktober 2014. idul adha merupakan hari raya besar islam setelah idul fitri, yang mengingatkan kita pada kisah nabi ibrahim yang rela mngorbankan anak kesyangannya yaitu nabi ismail untuk menjalankan perintah allah saw. itu bentuk ketakwaan dan patuhnya nabi ibrahim pada allah dan cara allah menguji ketqwaan nabi ibrahim as. tapi ketika akan dilaksanakan pnyemblihan tersebut allah memberikan mukjizatnya dengan menggantikan nabi ismail dengan seekor kambing yang besar, dan luluslah nabi ibrahim dari ujiannya tersebut dan ia disebut sebgai habiballah atau kekasih allah yang tidak diragukan lagi ketqwaannya. subhanallah.. 

itulah sedikit kisah dari asal mula kita harus menjalankan ibadah kurban pada hari raya idul adha sebagai peringatan akan keikhlasan nabi ibrahim menjalankan perintah allah swt.

Rasulullah menggambarkan balasan orang yang berkurban, “Tidak ada perbuatan yang paling disukai Allah pada hari raya haji selain berkurban. Sesungguhnya orang yang berkurban akan datang pada hari kiyamat dengan membawa tanduk, bulu, dan kuku binatang kurban itu. Dan sesungguhnya darah kurban yang mengalir itu akan lebih cepat sampai kepada Allah dari pada (darah itu) jatuh ke bumi. Maka sucikanlah dirimu dengan berkurban.” (HR. al-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

naah untuk kita pada zaman sekarang ini.. banyak kita lihat lebih banyak orang rela membeli gadget yang sangat mahal dari pada berkurban hanya untuk membeli seekor kambing saja. Tujuan utama dari berkurban sangatlah mulia yaitu berbagi rizki pada saudara-saudara kita yang tidak mampu. Pada moment idul adha ini setidaknya kita memberikan senyum dan kesenangan untuk saudara kita yang tidak mampu dan diharapkan saudara-saudara kita yang kurang mampu dalam membeli daging dapat mendapatkan daging secara gratis. islam telah mengajarkan kita untuk saling berbagi dengan sesama. sesuai dengan firman allah dalam QS. Al-Kautsar : 1-2 mengatakan bahwa :

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
“Sesungguhnya Kami telah memberikan karunia sangat banyak kepadamu, maka sholatlah untuk Tuhanmu dan sembelihlah kurban.”
sesuai denganayat diatas hanya orang yang mampu yang melakukan kurban atau pembelian hewan kurban juga bisa dilakukan dengan bersama-sama misalnya satu ekor kambing bisa dibeli oleh 3-4 orang. Tapi ada sebuah kisah seorang pemulung yang bisa berkurban 2 ekor kambing dengan menabung selama 3 tahun. Dengan keingninannya yang teguh untuk bisa berbagi dengan sesama walaupun dia juga sangat membutuhkannya dan sekarang bagaimana dengan kita?? SUDAHKAH ANDA BERKURBAN ??
Beberapa pahala bagi orang yang berkurban adalah :1. perkataan tawar menawar ketika memebeli hewan kurban dianggap sedang bertasbih.2. uang dilipat gandakan menjadi 700 kali lipat3. darah hewan kurban setiap satu tetes ada 10 malaikat yang mendoakan kita hingga hari akhir.4. satu suap daging kurban sama dengan memerdekakan satu cucu nabi ismail.subhanallah .. semoga kita senantiasa diberikan rizki oleh allah swt agar bisa selalu berbagi dengan sesama. Amiin Ya Rabbal'alamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar