Sabtu, 28 November 2015

Workshop : Facebook marketing

















 Workshop yang dibawakan oleh Ust. Fadlan Humaidi adalah mengenai usaha penjualan sistem online yang sering dikatakan yakni Facebook Marketing, Workshop yang dimulaipada Ahad 29 November 2015 Pukul 09.00 - 14.30, berjalan dengan lancar serta dihadiri oleh kurang lebih dari 30 Peserta yang notabenya seorang Mahasiswa Perguruan tinggi Dakwah Islam Jakarta. Berikut Makan Workshop tersebut.

Facebook marketing adalah sebuah istilah baru dalam dunia pemasaran online, yang saat ini sedang menjadi trend pemasaran yang paling efektif dan cepat bahkan hari ini anda mulai mengenalkan produk dan hari itu juga produk bisa terjual kepada calon konsumen. Memang strategi facebook marketing ini hingga sekarang masih dikuasai oleh beberapa kalangan saja sehingga ilmunya terkategori rahasia. Namun beberapa poin dasar akan kita bahas mengenai facebook marketing secara umum dan bisa dipahami oleh banyak orang.
Mungkin anda saat ini memiliki usaha online ataupun offline? Facebook bisa menjadi solusi iklan yang paling murah dan bahkan gratis, namun saat anda menggunakan fasilitas gratis misalnya jualan via group, atau wall pribadi jangkauan pasarnya sangat kecil berbeda jika anda menggunakan facebook ads atau fasilitas iklan di facebook anda bukan hanya menjangkau teman anda, namun ratusan bahkan jutaan orang bisa di jangkau hanya dengan menggunakan modal yang tidak terlalu besar. Menariknya berjualan dengan cara facebook ads ini tinggat penjualan anda tidak begitu jauh jika dibandingkan dengan jumlah peminat atau likers yang menyukai halam jualan anda. Ini sangat menguntungkan, maka dari itu banyak sekali perusahaan atau pemiliki UKM yang tak segan untuk mengeluarkan modal mempromosikan produknya menggunakan facebook ads.

Kebanyakan orang membangun brand produk atau jasa mereka menggunakan page atau halam milik facebook karena interest people atau orang yang tertarik dengan page sangat tertarget. Misalnya saja ada berjualan SEPATU KULIT anda tinggal membuta halaman/page facebokk menggunakan nama SEPATU KULIT dan kemudian promote pagenya akan berdatangan like berdasarkan budget yang anda anggarkan pada iklan. Nah, salah satu yang menarik lagi ketika anda menggunakan facebook ads maka budget yang anda keluarkan bisa diatur sesuai dengan kekuatan anda. Tapi rata-rata untuk beriklan anda tak akan habiskan jutaan, karena dengan ratusan ribu saja market yang anda dapatkan cukup luas.



Nah, itu adalah sekilas mengenai facebook ads atau facebook marketing anda bisa mempraktekkannya sangat mudah dan tidak butuh modal besar. 
Dengan jumlah pengguna facebook yang diperkirakan untuk pertengahan tahun 2012 ini hampir mencapai angka 1 Milyar Pengguna di seluruh Indonesia. Maka dari itu, sekarang banyak yang beralih memakai facebook sebagai media pemasaran. Diantara keunggulan facebook marketing adalah sebagai berikut:
1. Facebook merupakan jejaring sosial yang bersifat viral (artinya jika salah seorang melakukan aktivitas facebook, misalkan menyukai suatu halaman/mengklik suatu iklan, menggunakan aplikasi, men-share dst., maka akan cepat menyebar/akan dilihat oleh teman facebook, dan jika teman facebook tertarik maka akan dimungkinkan akan mengikuti aktifitas tersebut).
2. Objek pemasaran yang tidak terbatas. Data jumlah pengguna facebook tahun 2012  di Indonesia menunjukan angka 43 juta pengguna. mayoritas pengguna Facebook di India saat ini didominasi oleh anak muda berusia 18 – 24 tahun, dengan prosentase 49 persen, disusul usia 25 – 34 tahun sebanyak 27 persen. Dengan fasilitas media periklanan facebook, kita dapat memilih objek iklan facebook baik dari segi usia, lokasi, pekerjaan, dan jenis kelamin.
3. Dilengkapi berbagai fasilitas yang menunjang, seperti: facebook account, facebook fanpage, facebook group. Untuk Hal ini, penulis sudah menggunakan 3 fasilitas tersebut untuk meningkatkanpersonal branding. Facebook Account digunakan untuk berkomunikasi secara pribadi/menawarkan produk secara pribadi (door to door antar 1 akun facebook ke facebook lainnya), bisa dengan cara menandai teman (tag facebook) produk kita, share ke dinding teman facebook, komunikasi via pesan facebook. Facebook fanpage digunakan untuk promosi yang bersifat massive (besar/masal), sebagai contoh seperti salah satu Online Shop Terkemuka yang melakukan kegiatan penjualan sprei dan bedcover , Fanpage Facebook Sprei Shop (Buka: www.facebook.com/TokoSpreiMurah) memiliki jumlah likers/penggemar lebih dari angka 11.000 orang. Dengan hal ini akan secara memudah menyebarkan informasim produk jika ada produk baru, promo produk dst. Sedangkan Facebook group digunakan untuk privasi hubungan antara Anda dengan penjual loyal ataupun Reseller (Penjual Kembali Produk Anda), dengan hal ini akan lebih mudah berkomunikasi secara intens.
4. Facebook Marketing, Gratis tanpa biaya. Dengan beberapa media seperti yang sudah saya jelaskan pada poin ketiga tersebut, semuanya dilakukan tanpa berbayar. Untuk kemudian menambah optimalisasi facebook marketing, Anda disarankan menggunakan Iklan Facebbok, walaupun berbayar hal itu terbukti maksimal untuk menambah konsumen Anda secara cepat. Iklan facebook dapat kita gunakan melalui pembiayaan via kartu kredit ataupun PayPal. Berikut adalah  salah satu contoh Iklan Facebook yang biasa kita lihat di sisi kanan akun facebook kita.
Hal di atas adalah 4 dari beberapa keunggulan Facebook Marketing yang memiliki manfaat yang besar untuk pengembangan produk Anda. Selain memiliki Keunggulan, juga terdapat beberapa kelemahan yang mungkin akan kita temui, itu tergantung dari sifat bisnis/Pangsa Anda.[]mss

Tidak ada komentar:

Posting Komentar