Senin, 07 Januari 2013

Tontonan TV Yang Sehat Bagi Anak



Dulu, televisi adalah tontonan langka. Bahkan, di Era awal 1990-an untuk menonton tv pun, anak-anak harus rela berjalan kaki sampai desa sebelah. Mereka seperti melakukan pawai. Tak jarang, pagar dan pot milik tetangganya pun hancur terinjak-injak. Kini, TV sudah menjadi barang biasa.

Selain sebagai sarana hiburan, TV bagi anak-anak sebagai sumber memperoleh pengetahuan, relaksasi diri dan juga menjadikan anak-anak jarang ke luar rumah.

Begitu banyak acara yang ditawarkan, termasuk acara yang ditujukan untuk anak-anak. Di satu sisi, anak-anak akan mendapatkan manfaat yang begitu banyak yaitu mendapatkan hiburan. Namun di sisi lain anak-anak juga akan teracuni dengan berbagai macam acara televisi yang seolah-olah tiada hentinya itu.

Bayangkan saja, mulai dari pagi hingga menjelang pagi, televisi menawarkan begitu banyak acara televisi untuk anak-anak. Anak-anak yang sudah kecanduan untuk menonton televisi sama halnya dengan ibu-ibu yang sudah kecanduan facebook. Kebiasaan tersebut akan susah dihilangkan.
Bila anak-anak sudah mulai kecanduan televisi, maka mereka akan mengabaikan tugas-tugas sekolah dan tugas-tugas rumah. Akibatnya anak akan menjadi korban dari kecanggihan zaman. Sehari saja tidak menonton televisi, maka si anak akan merasa tidak nyaman.
Oleh sebab itu di bawah ini ada beberapa cara sehat menonton TV untuk anak-anak, yaitu:
1. Perhatikan jarak mata dengan TV
Cara sehat menonton TV yang pertama adalah menonton dengan jarak tertentu dari layar TV. Disarankan untuk memberi jarak minimal sejauh 6 x diagonal TV. Kalau TV dirumah kita berukuran diagonal 29 inchi maka jarak amannya adalah 6 x 29 inchi = 174 inchi = 4.35 meter.
2. Batasi jam menonton televisi
Cara sehat menonton TV yang kedua adalah dengan membatasi jam menonton televisi misalnya sehari selama 2 jam dan tidak lebih. Tentu saja porsi menonton televisi juga harus disesuaikan dengan umur anak. Semakin dewasa si anak, maka jatah untuk menonton televisi harus semakin dikurangi.
3. Pilihlah acara yang benar-benar sesuai dengan umur mereka
Tak semua acara televisi yang disediakan oleh media televisi bagus untuk ditonton sekalipun acara tersebut ditujukan untuk anak-anak. Nyatanya masih banyak acara yang tidak sesuai untuk anak-anak meskipun berkedok acara anak-anak. Oleh sebab itu cara sehat menonton TV untuk anak-anak adalah dengan memilihkan mereka acara yang memang sesuai dengan usia mereka. Jangan sampai mereka menonton tayangan yang tidak seharusnya ia tonton.
4. Beri pengertian
Anak zaman sekarang adalah tipe anak yang kritis dan suka bertanya, maka dari itu orang tua berkewajiban untuk memberikan mereka pengertian, dalam hal ini adalah pengertian tentang cara sehat menonton TV. Sejak kecil seorang anak harus tahu bahwa kebanyakan menonton TV menyebabkan sesuatu yang tidak baik bagi kesehatan mereka.
5. Beri jadwal
Memberi jadwal kepada anak-anak tentang peraturan menonton televisi. Misalnya, dalam seminggu si anak diizinkan untuk menonton televisi selama berapa jam? Jam berapa saja? Bila perlu dicatat dan ditempel.
6. Berikan reward jika anak mematuhi perjanjian menonton televisi
Cara sehat menonton TV untuk anak-anak adalah dengan memberikan penghargaan kepada anak-anak bahwa bila mereka menaati peraturan tentang berapa lama mereka diizinkan untuk menonton televisi, maka orang tua harus memberikan penghargaan kepada mereka.
Begitu banyak pengaruh televisi terhadap anak, oleh sebab itu diperlukan cara sehat dalam menonton TV agar anak tidak menjadi korban teknologi.
(Sumber : http://polahidupsehat.info/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar